SAYA

Jumat, 06 Mei 2011

PROGRAM KERJA

PROGRAM KERJA

Dalam melakukan aktivitasnya, PAYD Muhammadiyah telah memprogramkan kegiatannya dengan rincian sebagai berikut :
1. Bidang Keagamaan meliputi :
 
Memberikan pendidikan/ pelajaran agama Islam terhadap anak asuh yang meliputi; Ilmu Tauhid (membentuk kepribadian muslim sejati), membaca dan menerjemah Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Mahfudhat, Mukhadharah dan mengadakan latihan pidato keagamaan, Hafalan Juz ’Amma, Membiasakan puasa Senin dan Kamis serta shalat wajib berjama’ah.
2. Bidang Pendidikan Keterampilan meliputi :
Latihan perbengkelan otomotif, latihan las llistrik, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, kajian pustaka, berlatih memangkas rambut, musik serta komputer.
3. Bidang Pendidikan meliputi :
Belajar bersama pelajaran sekolah, menyekolahkan anak asuh berprestasi ke Perguruan Tinggi, menyalurkan pekerjaan bagi anak-anak yang sudah lulus sekolah, serta berkebun.
4. Hubungan Masyarakat meliputi :
Mengikuti ceramah/ pengajian yang diadakan oleh lingkungan/ masjid, menambah santunan untuk anak dhu’afa non panti secara rutin, silaturahim dengan orang tua sesama anak asuh, mengadakan pengajian rutin di panti untuk warga sekitar panti, mengikuti kegiatan yang diadakan oleh lingkungan, antara lain: Bersih Lingkungan, Lomba dalam perayaan hari besar nasional maupun keagamaan, Olah raga
5. Bidang kerumahtanggaan meliputi :
Melatih anak asuh untuk mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, meliputi; mencuci pakaian sendiri, mencuci alat-alat dapur, mengepel, menyapu, merapikan tempat tidur, menyeterika pakaian, memasak, membentuk sikap tanggungjawab terhadap tugas-tugas rumah, serta mengadakan penyuluhan tentang tanggungjawab berkeluarga.
6. Bidang Kesehatan meliputi :
Membiasakan hidup sehat dengan menjaga kebersihan badan, rumah dan lingkungan, memeriksakan anak yang sakit/ cek kesehatan serta memberikan makanan yang bergizi.
7. Kedisiplinan meliputi :
Membiasakan mentaati tata tertib Panti Asuhan, membiasakan hidup sesuai dengan jadwal kegiatan, membiasakan melaksanakan sholat berjama’ah di awal waktu, menempatkan barang/ sesuatu sesuai pada tempatnya dan membentuk sikap hidup disiplin.

Pada tahun 2008, PAYD Muhammadiyah Gombong dipercaya Departemen Sosial melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah untuk melaksanakan program Bantuan Kesejahteraan Sosial Permanen (BKSP). Program ini member santunan kepada 20 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan kriteria lanjut usia terlantar, eks. psikotik terlantar, penyandang penyakit kronis terlantar dan cacat ganda terlantar di Kelurahan Wonokriyo Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar